CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 05 Juli 2009

Jenis Kura - Kura

Jenis Kura-kura ada banyak sekali, yaitu :

1. Siebenrockiella crassicollis-full aquatic

Siebenrockiella crassicollis-full aquatic

kura-kura pipi putih berasal dari sumatra , kalimantan dan jawa. termasuk kura2 yg kecil-medium, max size 20cm. Hidupnya di sungai-sungai kecil berarus lambat, daerah tergenang seperti rawa-rawa. Meskipun dilaporkan sebagai hewan karnovira, jenis ini memakan makanan baik ikan, udang, siput maupun buah-buahan dan daun-daunan. Jenis ini akan berhenti makan apabila ada jenis lain didekatnya, sehingga sebaiknya dipelihara tersendiri.

2. Notochelys platynota

notochelys-platynota(beiyogo)

Tempat yang disukai adalah sungai berarus deras atau sedang. Makanan utamanya terdiri dari daun-daunan dan beberapa buah-buahan dan dikenal pula memakan siput dan udang Belum dilindungi, mudah terancam punah, kurang data.

3. kura-kura brazil

kura-kura-brazil

Kura-kura yang dikenal dengan nama Chrysemsy Seripta Sp ini, berasal dari Amerika Selatan. Jenis yang paling popular adalah Red Ear Slider, yaitu kura-kura yang memiliki ciri dengan guratan merah pada tiap sisi kepalanya. Karapas kura-kura ini berwarna hijau, dan terdapat garis-garis kuning yang membentuk pola. Kura-kura jenis ini bukan binatang langka, mereka sengaja ditangkarkan dan diperdagangkan karena keindahannya dan juga lebih jinak dibandingkan kura-kura jenis lainnya.

4. Callagur borneoensis-full aquatic

callagur-borneoensis-full-aquatic

Beluku atau tuntong, ini termasuk kura2 langka di indo, konon hampir punah di alam bebas. dan warnaya bisa berubah2 klo musim kimpoi, yg betina warnanya tdk secerah yg jantan.

5. Heosemys spinosa-semi aquatic

heosemys-spinosa-semi-aquatic(kura2 matahari)

Kura matahari salah satu exotic pet indonesia asal kalimantan yg terancam punah di alam. yg sudah besar duri2nya bakalan agak2 hilang.

6. Kura-kura Leher Panjang

kura-kura leher panjang

kura-kura ini termasuk jenis yang sekarang sulit dicari. Kalau-pun ada harganya akan sangat tinggi. Kura-kura leher panjang banyak juga ditemukan di Kalimantan dan makanan utama adalah ikan. Kura-kura leher panjang jarang memotong ikan (makanan) menjadi bagian-bagian yang kecil. Biasanya langsung ditelan bulat-bulat (seperti ular). Panjang leher sama panjang badan dan ga bisa dimasukkan kedalam tubuh. Leher dilipat diluar dari badan dan yang menarik kalau diperhatikan, pada waktu makan dan membidik ikan. Kura-kura ini sangat mirip dengan gerakan ular. Pertama yang dilakukan membidik ikan lalu dengan kecepatan tinggi, ikan disambar sangat cepat.

7. Kura-kura Moncong Babi

moncong-babi

Kura-kura moncong babi ( Carettochelys insclupta) memiliki moncong mirip dengan babi.Satwa unik ini termasuk jenis endemik. Ia hanya bisa dijumpai di bumi Papua. Sebagai kura-kura, satwa ini hidup di sungai-sungai besar. Saat ini populasi paling besar terdapat di daerah Asmat. Di tempat ini. puluhan ribu telurnya terkumpul setiap tahun. Tak beda dengan penyu,kura-kura moncong babi punya cara berenang yang sama. Kedua kaki depannya akan bergerak bersama-sama. Itu bisa terjadi, sebab kedua kaki tersebut berbentuk dayung dengan dua kuku seperti milik penyu. Dibanding jenis lainnya, kura-kura ini punya leher yang lebih pendek. Panjang kerapasnya max 61 cm. Seluruh bagian itu di tutupi selapis kulit yang relatif tipis dan berlipatan.

8. Red Bellied Side Neck Turtle ( kura-kura dada merah)

kura-kura dada-merah

Kura-kura dada merah (Emydura Subglobosa) adalah jenis kura-kura air yang berasal dari papua. Kura-kura ini bersifat full akuatik sehingga menyenangi habitat perairan darat. Kura-kura ini sangat menggemari ikan. Dia memiliki warna merah menyala dipadu kuning yang sangat menarik untuk dipelihara.

9. Kura-kura Telinga Merah ( Malaysia )

telinga-merah

Kura-Kura Telinga Merah (Trachemys scripta elegans) ialah sejenis kura-kura separa-akuatik yang berasal dari selatan Amerika Serikat. Kura-kura Telinga Merah sensitif pada suhu sejuk di kawasan utara di Amerika Serikat. Tubuhnya dilindungi oleh kerangka khas yang terbentuk dari rusuk mereka.

10. Kura-kura Daun ( Malaysia )

kura-kura daun

Kura-kura daun ([[bahasa Inggeris: Asian Leaf Turtle) ialah salah satu dari hewan yang terdapat di Malaysia. Nama sainsnya Cyclemys dentata.

11. Kura-kura Kaki Gajah

kura-kura kaki-gajah

Kura-kura Kaki gajah (Manouria Emys) adalah jenis kura0kura darat yang berasal dari Sumatra. Kura-kura ini bersifat Terrestrial, sehingga menyenangi habitat kering namun bersuhu lembab. Kura-kura ini sangat menggemari sayur-sayuran dan buah. Dia memiliki kegagahan bentuk dan kaki yang besar.

12. Common Snapping Turtle

common-snapping-turtle

Kura-kura penggigit (Chelydra Serpentina) adalah jenis kura-kura air yang berasal dari Amerika. Kura-kura ini bersifat full Akuatik, sehingga menyenangi habitat perairan dalam. Kura-kura ini sangat menggemari ikan, dia memiliki keagresifan dan kebuasan layaknya seekor buaya.

Text by :

- www.kapanlagi.com

- www.majalahbravo.com

- wikipedia.org

- www.speedytown.com

- www.sinarharapan.co.id

- cheloniapolys.multiply.com

gambar by : google.com

0 komentar: