CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 13 Januari 2009

Apa sih "GENG" itu???

Geng??? Jika kita bicara tentang geng padti tak pernah lepas dari yang namanya kebersamaan. Geng adalah sekumpulan anak-anak yang pasti mempunyai keterikatan satu sama lain. Atau dengan kata lain, genk itu suatu tempat kita untuk berbagi semuanya dweh. Tapi geng itu beda banget sama yang namanya sahabat. Kalau dalam geng sudah ditentukan siapa yang dibenci dan apa yang harus dilakukan terhadap orang lain, sedangkan sahabat tidak demikian. Sahabat adalah tempat kita berbagi suka, berbagi pengalaman, teman kita untuk berbagi suka dan duka, namun sahabat tak akan pernah menentukan siapa yang harus dibenci dan apa yang harus kita lakukan terhadap orang lain.

Para anggota geng setiap hari berprasangka. Mereka beranggapan bahwa orang, khususnya anggota geng yang lain, adalah musuh. Para anggota geng terikat dengan satu ikatan: geng memberi mereka suatu perasaan memiliki. Ada perasaan aman kalau mereka mengetahui anggota-anggota geng lain yang bisa diandalkan. Untuk anggota geng sudah ditentukan apa yang harus dipikirkan, siapa yang dibenci dan apa yang harus dilakukan terhadap orang lain. Umumnya anggota geng memakai isyarat untuk mengenali sesama anggota. Mereka membanggakan kepercayaan loyalitas mereka.

Pola pikir suatu geng terhadap geng lain sulit diubah. Mereka terlalu sibuk dengan tindak-tindak kekerasan dan kebencian sehingga nggak bisa melihat kebaikan pihak lain. Geng selalu mendapat nilai negatif dari masyarakat. Karena dengan geng itulah dapat timbul hal-hal negatif seperti mabuk-mabukan, narkoba de el el.

Apalagi di usia kita yang sudah memasuki masa puber, membentuk itu adalah al yang sudah biasa. Namun kita harus renungkan  dan berpikir ke depan, apa sih sebenernya manfaat geng itu?? sedangkan banyak kejadian-kejadian negatif yang terjadi karena adanya geng. Kita boleh-boleh saja membentuk sebuah geng, asalkan geng itu bermanfaatbagi masa depan kita, dapat mempererat hubungan kita dengan teman kita serta nggak bertentangan dengan norma agama. Yuk kita buktiin pada masyarakat bahwa geng itu nggak seburuk yang mereka sangka, geng juga dapat memberikan nilai positif pada mereka semua, bagi orang dewasa serta masyarakat.

0 komentar: