CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 14 Juni 2009

Mailmerge







Mail merge adalah fasilitas writer untuk pembuatan surat secara masal. Fasilitas ini akan sangat membantu apabila pengguna writer ingin mengirimkan surat yang isinya sama kepada banyak orang sekaligus.

















Kelebihan mail merge yaitu :






• Lebih mudah dalam membuat surat dengan jumlah yang banyak.






• Waktu yang diperlukan dalam membuat surat dengan menggunakan mailmerge relative lebih singkat atau tidak memerlukan banyak waktu.






Kekurangan mail merge adalah lebih rumit dalam mengirimkan surat padatahap awal karena banyak langkah-langkah yang harus dilalui dibandingkandengan membuat surat secara manual.












Langkah-langkah pembuatan mail merge dengan menggunakan mail mergewizard pada Microsoft Word 2002 yaitu :






1. Klik menu Tools kemudian pilih Letters and Mailings lalu pilih mail mergewizard. Kemudian akan tampil pada kanan layar menu mail merge.












2. Select document typeBerfungsi untuk memilih tipe dokumen (Letters, Envelopes, Labels,Directory)












3. Select starting documentBerfungsi untuk menyunting tipe dokumen yang telah dipilih sebelumnyaPada menu ini pilihannya adalah Use the current document, Start from atemplate, Start from existing document.












4. Select recipientsBerfungsi untuk menentukan dari mana data penerima diambil.Pada menu ini pilihannya adalah Use an existing list, Select from outlookcontacts, Type a new list.












5. Menentukan sumber data penerima.












6. Mengirimkan dokumen ke penerima.








































Posted in Label: Diposkan oleh All Of The World

0 komentar: